Cara Mudah Membuat Aplikasi Game Sendiri di Facebook

RS Teknologi - Maaf sob saya baru posting lagi karna saya sudah mulai sekolah lagi dan tidak sempat untuk berposting lagi. Ok langsung aja ke TKP karna dah malam dan saya juga dah ngantuk ni :-)..
Pada kesempatan ini kita akan coba membuat / menyimpan game flash kesayangan kita di Facebook sehingga berupa aplikasi facebook milik kita sendiri seperti game Foker di facebook yang bisa dimainkan oleh orang lain juga selain kita pemilik apliksi game tersebut.


Ok langsung saja kita ikuti aturan mainnya tanpa banyak berfikir lagi :

1. Siapkan file game flash kesayangan Anda atau bila belum punya bisa anda dapatkan dari situs game online dengan cara yang pernah saya bahas di postigan yang berjudul Cara Menyimpan Game Flash Dari Game Online Ke Komputer Tanpa Download.


2. - Kemudian buatlah sebuah folder baru dimana saja, dan kemudian di dlm folder baru tersebut buatlah sebuah folder dan beri nama images, selanjutnya masukan game flash Anda ke folder images tersebut. 
- downloadlah sebuah file js dari situs ini dan kemudian masukan ke folder baru tadi bergandengan dengan folder images
- bukalah notepad dan kopikan kode html berikut ke notepad :


<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN">
<html>
<head>
<title>Untitled</title>
<meta http-equiv="content-type" content="text/html; charset=iso-8859-1">
<meta name="generator" content="Web Page Maker">
<script src="ac_activex.js" type="text/javascript"></script>

</head>
<body>
<div id="flash1" style="position:absolute; overflow:hidden; left:0px; top:0px; width:758px; height:545px; z-index:0">
<script type="text/javascript">
AC_RunFlashContent("id","flash1","width","758","height","545","quality","high","autoplay","true","loop","true","wmode","window","codebase","http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab","pluginspage","http://www.macromedia.com/go/getflashplayer","src","images/Bilyard.swf");
</script>
<noscript>
<object classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11CF-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab" width=758 height=545>
<param name="movie" value="images/Bilyard.swf">
<param name="quality" value="high">
<param name="loop" value="true">
<param name="wmode" value="window">
<param name="autoplay" value="true">
<!--[if !IE]>-->
<object data="images/Bilyard.swf" width="758" height="545" type="application/x-shockwave-flash">
<param name="pluginurl" value="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer">
<param name="quality" value="high">
<param name="loop" value="true">
<param name="wmode" value="window">
<param name="autoplay" value="true">
</object>
<!--<![endif]-->
</object>
</noscript>

</div>


</body>
</html>




</body>
</html>



keterangan : tulisan yang berwarna merah gantilah dengan nama game flash Anda yang berada di dalam folder images


lalu pada menu notepad pilih menu File kemudian Save As beri namaindex.html pada Save As Type pilih All Files...simpanlah index.html tersebut ke dalam folder baru tadi bergandengan dengan file js dan folder images.


3. Kemudian tes dahulu isi folder baru itu dengan cara mengklik 2x file index.htmldan apakah game flashnya bekerja ata tidak..?


4. Mendaftar dahulu ke webhosting yang berbayar atau yang gratisan supaya kita bisa menyimpan game flash kesayangan kita yang nantinya bisa di panggil di facebook secara online. Untuk webhosting gratisan ikutilah caranya pada postingan saya yang berjudul CARA MEMBUAT WEBSITE DI HOSTING GRATISAN 


 5. Bila game Anda telah bekerja pada browser terus simpanlah / uploadlah semua isi folder itu (folder images, file js, dan index.html) ke server hosting Anda (lihatlah cara mengupload file ke server hosting gratisan di postingan saya yang berudulUpload File Menggunakan FileZilla Client) 


6. Kemudian cobalah Anda panggil alamat url game Anda di browser misalnyahttp://www.DomainAnda.com/index.html, index html bisa juga tidak diketik menjadi http://www.DomainAnda.com/ saja. Apakah sudah bisa dikses game online Anda tersebut..??


7. Membuat Aplikasi di Facebook


Langkah 1 - Konfirmasi HP

Sebelum membuat aplikasi, anda wajib konfirmasi HP 1x per 1 akun Facebook. Konfirmasi ini diwajibkan Facebook, bukan diwajibkan saya. Jadi kita tidak bisa protes dengan kebijakan Facebook ini.
E Tanpa konfirmasi HP, anda tidak akan bisa membuat aplikasi apa pun
Untuk cara konfirmasi HP, silakan ke link inihttp://www.facebook.com/confirmphone.php
Penjelasan : 

  1. http://www.hancur.com/56/konfirmasi-nomer-hp-sebelum-buat-aplikasi-facebook.php
  2. http://www.hancur.com/65/cara-kirim-ulang-kode-konfirmasi-hp-facebook.php
Kalau sudah konfirmasi HP,

Langkah 2 - Buat Aplikasi

Tutorial ini dibuat pada Facebook berbahasa Inggris. Jadi kalau Facebook anda berbahasa Indonesia, tampilan bahasanya akan beda. Disarankan agar memakai bahasa Inggris paling tidak selama pembuatan aplikasi.
Buka link ini : https://developers.facebook.com/apps/
Klik tombol "Create New App" di pojok kanan atas.
Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah (kalau tidak ada tampilan di bawah, tekan saja tombol yang ada di layar)








Isikan nama aplikasi yg diinginkan di kotak "App Name". Sebagai contoh di gambar di atas saya namai aplikasinya sebagai "Permainan Bilyard"
Kita juga akan mengisi "App Namespace". Apa App Namespace ini? App Namespace adalah alamat web yang akan kita pakai kalau kita ingin membuka aplikasi kita.
Contoh buat yang suka main Mafia Wars di Facebook, alamat game Mafia Wars adalah http://apps.facebook.com/inthemafia/. Ini berarti App Namespace dari Mafia Wars adalah inthemafia.
Contoh lain, buat yang suka main game Pet Society di Facebook, alamatnya adalah http://apps.facebook.com/petsociety/, berarti App Namespace game Pet Society adalah petsociety
Setiap App Namespace hanya boleh digunakan 1 aplikasi saja. Jadi misal sudah ada aplikasi dengan App Namespace "inthemafia", aplikasi lain tidak boleh ada yang menggunakan App Namespace "inthemafia" dan aplikasi lain harus menggunakan App Namespace lain.
Silakan buat App Namespace yang unik. Terserah mau diisi apa. Tapi ingat App Namespace hanya boleh mengandung huruf kecil dan tanda minus.
Spasi, titik, tanda garis bawah, angka, dll, tidak diperbolehkan di App Namespace.
Sebagai contoh, di atas saya pakai App Namespace "permainanbilyard"
Kalau sukses, akan ada tulisan hijau kecil "Available"
Klik juga pilihan "I agree to..."
Klik tombol "Continue"




Langkah 3 - Verifikasi Gambar

Tutorial ini dibuat pada Facebook berbahasa Inggris. Jadi kalau Facebook anda berbahasa Indonesia, tampilan bahasanya akan beda. Disarankan agar memakai bahasa Inggris paling tidak selama pembuatan aplikasi.
Ada tampilan di bawah, ketikkan apa yang tertulis di layar
1 
Contoh, di gambar di atas, saya ketikkan "pnp randone"
Klik tombol "Submit"
 bila setelah tampilan di atas ada pertanyaan lain klik Batalkan saja ...!!karena yang terpenting keluarnya tampilan seperti di langkah 4 di bawah ini..!!


Langkah 4 - Halaman Aplikasi

Tutorial ini dibuat pada Facebook berbahasa Inggris. Jadi kalau Facebook anda berbahasa Indonesia, tampilan bahasanya akan beda. Disarankan agar memakai bahasa Inggris paling tidak selama pembuatan aplikasi. 
Ada tampilan di bawah, ini adalah halaman utama untuk mengatur setting aplikasi.
Di sini kita lihat hanya kotak "App Display Name" "App Namespace", dan "Contact Email" yang baru terisi. Sisanya masih kosong.




keterangan :
1. Gantilah gambar Aplikasi Anda sesuai dengan minat Anda.
2. Gantilah icon Aplikasi Anda / samakan dengan gambar aplikasi.
3. Silahkan sesuaikan kategori aplikasi Anda
4. Isikan dengan alamat url game web hosting Anda yang telah di buat sebelumnya misalnya http://www.DomainAnda.com/
5. Isikan dengan url mirip no.3 namun tambahkan s hingga menjadi https://www.DomainAnda.com/


Setelah semua diisi dengan benar jangan lupa klik tombol Save / Simpan Perubahan di bagian paling bawah.


8. Coba panggil halaman url Aplikasi Game Facebook anda yang baru anda ciptakan ini 

9. Selamat kini Anda telah memiliki Aplikasi Game Facebook sendiri dan beritahukan pada teman-teman Anda alamat Game Facebook Anda tersebut....!!





Sumber

4 komentar: