Cara Meningkatkan Alexa Rank di Blog Kita

Selamat pagi sobat RS Teknologi
Apa kabar semuanya ??

Pagi ini si pemilik blog RS Teknologi akan membahas panjang lebar tentang Alexa Rank a.ka. Rangking Alexa. Siapa yang tidak kenal Alexa Rank? Tiap saya mengunjungi sebuah Web atau blog, tentu yang dicek pertama kali adalah PageRanknya dan Alexa Rank-nya. Nah, Apa itu Alexa Rank?  

Alexa rank adalah suatu peringkat terhadap suatu Web atau blog berdasarkan banyaknya trafik kunjungan


Nah, semakin banyak pengunjung web atau blog sobat, semakin baik pula alexa rank yang sobat dapatkan.



Sedikit basa-basi..

Sebenarnya inti dari meningkatkan atau menaikkan alexa rank adalah meningkatkan jumlah trafik atau lalu lintas kunjungan ke web atau blog sobat, namun terkadang data yang di dapat oleh alexa tentang trafik blog anda tidak akurat, oleh karena itu kita sebagai author, creator, owner Web/blog atau apalah harus tetap berusaha menjaga agar data trafik web atau blog kita sampai ke alexa dengan selamat/seakurat mungkin.
Baiklah, langsung saja, 

Berikut adalah Cara Meningkatkan Alexa Rank di Blog Kita : 
  1. Pasang Alexa Toolbar di browser yang sobat gunakan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa alexa.com akan mengetahui jumlah trafik atau lalu lintas kunjungan melalui toolbar alexa yang terpasang pada browser yang kita gunakan. Pertanyannya, apa hubungannya toolbar Alexa dengan meningkatkan Alexa Rank Blog/Web kita? Tentu saja ada hubungannya, toolbar ini secara otomatis akan menampilkan Alexa Rank tiap situs yang kita buka di browser. Nah, toolbar ini (entah bagaimana cara kerjanya) terhubung langsung dengan Alexa.com situs tempat Web/blog kita terindex untuk mengecek rangking. Secara tidak langsung, toolbar ini memberitahukan/mengirim statistik kepada situs induk secara akurat mengenai kunjungan atau trafik Blog/Web sobat. Semakin sering Web atau blog sobat dikunjungi oleh orang yang menggunakan toolbar Alexa, akan semakin baik (Ini seolah-olah, sobat yang menggunakan toolbar Alexa) Ini memang hal kecil, tapi sekali lagi “hal kecil kadang membawa pengaruh besar”. Sama halnya dengan rangking Alexa Web/blog yang sobat miliki. 
  2. Pasang alexa Widget di blog. Ini adalah cara lain agar mesin alexa mengetahui jumlah pengunjung blog secara akurat, karena dengan alasan “tidak semua pengunjung Blog/Web kita memasang alexa toolbar di browser internetnya” 
  3. Tulis Postingan tentang Alexa. Dengan membuat tulisan atau artikel tentang Alexa, tentu para pengunjung akan tertarik menggunakan tool Alexa. Mereka akan menghubungkan Alexa secara tidak langsung ke blog sobat.
  4. Rajin Blogwalking. “Takkan ada perubahan tanpa ada pergerakan”. Bergeraklah! Tidak akan ada yang berkunjung ke blog sobat jika bukan sobat sendiri yang memulainya. Rajin blogwalking adalah satu cara untuk meningkatkan Rangking Alexa. Kembali ke poin awal, Alexa rank adalah suatu peringkat terhadap suatu Web atau blog berdasarkan banyaknya trafik kunjungan. Nah, semakin banyak pengunjung web atau blog sobat, semakin baik pula alexa rank yang sobat dapatkan. 
  5. Konsisten dalam hal posting-memposting di Blog. Alexa Rank secara otomatis melakukan improve jika sobat melakukan update di blog sobat secara berkala. Lakukan update minimal 1 postingan per hari. Lebih dari itu, akan lebih bagus lagi. 
  6. Setting home page browser dengan Web/blog sobat. What’s the kamsud? Home page adalah adalah halaman yang pertama kali muncul saat browser dinyalakan. Nah, ini adalah sebuah kesempatan besar sob. Jadikan URL Web atau blog yang sobat miliki sebagai home page atau halaman yang pertama kali dibuka otomatis oleh si pengguna browser. Banyak cara, yaitu :
  • bisa dengan meminjam NB/laptop teman
  • Home PC  dengan koneksi internet
  • Paling Mantap di Warnet (jangan dengan komputer yang memasang Deep freeze)
Demikian sedikit banyaknya yang dapat saya bagikan tentang Tips Blogger : Cara Meningkatkan Alexa Rank di Blog Kita. Semoga tutorial ini menambah wawasan buat yang udah mampir di sini serta para sobat bloggers secara khusus. Finally, sampai ketemu di postingan selanjutnya. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya sobat.. :)

10 komentar:

  1. wow nice, mampir balik gan n jangan lupa follow balik ia

    BalasHapus
  2. Rizky : ok,,, kunjungn balik siap.

    BalasHapus
  3. back link beres silahkan di check di Blog saya ...

    Galih-Achmad24

    http://galih-hacker24.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Galih : ok.... back link back sdh terpasang juga..

    BalasHapus
  5. tips yang bagus. mampir juga yuk kesini :)

    BalasHapus
  6. Nice Info GAN....
    Ijin praktek nih...
    WWW.SOBATSOFTWARE.NET
    Terima Kasih sebelumnya...^_^

    BalasHapus
  7. Ilham Fajrin : Thanks sdh berkunjung,, ok kunjungan balik siap laksanakan..

    Admin SS-Zhafronsya : Thanks, silahkan dipraktekkan..

    BalasHapus
  8. kok ngga berbeda warna komentar admin ya...???

    BalasHapus
  9. denger2 dengan cara review alexa itu juga dapat memperkecil alexa, bener ga sob?

    BalasHapus